Senin, 11 September 2017

Cara Read Only Atau Disabled Text Pada TextField PHP

Readonly ataupun disabled merupakan sebuah perintah pemograman php yang kita gunakan untuk membekukan sebuah text agar tidak bisa dirubah ataupun di hapus.

Perintah ini biasanya kita gunakan untuk mengedit kembali data yang sudah ada pada database, namun tidak merubah primary key nya. agar tidak terjadi nya error maka kita butuhkan lah sebuah perintah read only atau disabled.

Perlu kita ketahui, readonly yang artinya hanya di baca, jadi si user hanya bisa membaca saja dan tidak bisa merubahnya. dan disabled juga mempunyai arti yang sama hanya saja ada beberapa fungsi yang harus kita pilih salah satunya agar tidak terjadi error.



Contoh nya saja jika kita ingin mengedit sebuah data di database dalam php kita hanya bisa menggunakan perintah readonly karena jika kita menggunakan disabled data yang telah kita ubah tidak ada efek pada databasenya atau tidak berubah.

Cara Menonaktifkan TextField Pada PHP dan HTML

Untuk menonaktifkan textfield kita hanya menambahkan readonly atau disabled pada sela-sela script, sebagai contoh :

ReadOnly
<p><input type="text" name="id_matakuliah" readonly value="<?php echo"$data[id_matakuliah]"; ?>" size="40" placeholder="ID" ></p>
   
    <p><input type="text" name="nm_matakuliah" value="<?php echo"$data[nm_matakuliah]"; ?>" size="40" placeholder="Nama"></p>




Disabled
<p><input type="text" name="id_matakuliah" disabled value="<?php echo"$data[id_matakuliah]"; ?>" size="40" placeholder="ID" ></p>
   
    <p><input type="text" name="nm_matakuliah" value="<?php echo"$data[nm_matakuliah]"; ?>" size="40" placeholder="Nama"></p>



Disini saya meletakkan perintah nya di tengah-tengah sebelum value.

jika kita lihat perbedaannya, readonly tidak berubah warna sedangkan disabled berubah warna menjadi abu-abu yang artinya hanya bisa di baca saja. untuk mengedit data database kita gunakan readonly.

sekian Cara Read Only Atau Disabled Text Pada TextField PHP jika ada yang kurang paham silahkan di tanyakan di kolom komentar.
Disqus Comments