Senin, 02 Oktober 2017

Membuat Database Mysql Menggunakan XAMPP

Ada banyak sekali jenis database, namun MySQL yang paling umum digunakan. selain gratis MySQL juga mempunyai fitur yang tidak kalah dengan type lainnya seperti Microsoft Access.

Sebelum lanjut kalian harus tau apa itu database ?

Database adalah tempat penyimpanan dalam bentuk text yang bisa kita gunakan untuk pemograman berbasis web maupun visual. Contoh nya pemograman web dan desktop.



Alat Dan Aplikasi Yang Diperlukan Dalam Membuat Database

Database mempunyai dua versi, yang pertama yaitu online dan offline. yang dimaksud dengan online yaitu database yang telah di sediakan / satu packed dengan hosting, sedangkan yang offline yaitu menjadikan komputer sebagai hostingnya, jadi kita bisa membuat program website tanpa harus terkoneksi dengan internet. namun jika kita ingin mempublikasikan website yang telah kita buat, kita harus menyewa sebuah hosting.

Adapun alat yang kita perlukan yaitu XAMPP dan aplikasi web editor, seperti Notepad++ dan Sublime Text 3, tergantung kita nyaman menggunakan yang mana.

Langkah Dalam Pembuatan Database

Setelah kita selesai menginstall XAMPP, ada beberapa settingan yang harus di lakukan sebelumnya untuk mengantisipasi terjadinya error yang tidak di inginkan.  jika semua sudah fix kita lanjut :

Menjalankan XAMPP

Buka aplikasi XAMPP kemudian start action Apache dan MySQL. Apache adalah web browser yang kita gunakan. contohnya dalam mengakses hosting kita menggunakna perintah localhost/ kemudian diikuti dengan folder atau file php kita. jika apache tidak start maka file kita tidak akan terbaca. kemudian yang di maksud dengan MySQL ini adalah database yang kita gunakan.

Mengakses PhpMyAdmin

Langkah selanjutnya yaitu masuk ke phpmyadmin untuk membuat sebuah database MySQL dengan cara mengetikka "localhost/myphpadmin" pada browser yang kita gunakan.

Membuat Database, Table Dan Fields

Ada beberapa aturan dalam pembuatan nama database :
  • Tidak dibenarkan memberi spasi diantara dua kata. contoh "belajar html". untuk kebenarannya harus di hubungkan dengan underscore _ contoh : "belajar_html".
  • Di awali dengan huruf, jika ingin menggunakan angka gunakna minimal 1 huruf di awal sebelumnya. contoh "mysql25".
Database kita telah jadi, kemudian dalam pembuatan tabel hanya perlu mengklik nama database yag tadi dan akan timbul tulisan "create database". kemudian masukkan jumlah tabel yang ingin di gunakan.

Perlu di perhatikan dalam membuat Fields :
Type data yang kita gunakan :
  • INT yaitu singkatan dari integer yang berarti kita hanya boleh menginputkan data hanya angka saja biasa di gunakan untuk id.
  • VARCHART yaitu variabel karakter yang bisa di input baik itu angka maupun huruf. namun harus mengisi Length/Values nya. atau bisa di sebut berapa karakter maksimal yang di perbolehkan.
  • Date adalah type data yang digunakan untuk tanggal bulan dan tahun.

Memberi Primary Key

Primary key adalah fields yang value nya tidak boleh di ubah layak nya nim mahasiswa yang tidak boleh ditukar tukar.

Untuk cara nya pergi ke menu structure kemudian klik primary key pada fields yang paling atas atau fields yang isi nya tidak boleh di edit.

Setelah selesai kita bisa menghubungkan kemana database kita gunakan. Bisa digunakan pada visual basic 6(desktop) ataupun web programming(HTML, PHP).

Sekian Pembuatan Database Mysql Menggunakan XAMPP PhpMyAdmin Silahkan bertanya bila memang ada yang kurang di mengerti, saya akan merespon pertanyaan anda secepat mungkin. terimakasih.
Disqus Comments