Jumat, 21 April 2017

Mudahnya Mengupgrade Ram Laptop Sendiri !! Buktikan

Ram mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah komputer. apa sih fungsi ram itu? sesuai dengan nama nya random access memory yang mempunyai arti sebagai media penyimpanan sementara di saat komputer kita sedang dihidupkan. jadi jika laptop kita mempunyai ram yang kecil maka tidak akan sanggup membuka beberapa aplikasi di saat bersamaan. pasti rasa nya kesal karena akan membuang waktu jika menjalankan satu persatu.

mengupgrade memory dapat dilakukan jika prosesor yang di gunakan tidak sebanding dengan kapasitas ram yang di gunakan. jika kapasitas nya sebanding maka sebaiknya mengupgrade Ram di abaikan, cari tau apa yang menyebabkan laptop menjadi lemot. sebagai contoh laptop yang mempunyai kapasitas prosesor core i5 namun pabrik hanya memberi kapasitas RAM 4GB, karena membuka banyak aplikasi yg berat dengan kapasitas ram yang rendah akan terasa lemot, makan di di sarankan untuk  menambah ram menjadi 8GB.




Nemanbah RAM itu mudah sekali tidak perlu ke toko komputer hanya untuk hal ini saja , karena kita ketahui tarif jasa yang dikeluarkan oleh toko lumayan mahal. untuk bisa mengupgrade Memory sendiri kita hanya perlu memperhatikan beberapa ketentuan berikut:

Ketentuan Mengupgrade RAM


1. JENIS  RAM
Hal yang pertama yaitu harus kita ketahui adalah jenis RAM yang terpasang di MotherBoard laptop anda, jika yang terpasang DDR3 maka belilah yang berjenis sama. untuk mengetahui jenis RAM dapat di lihat di label yang ada di bagian tengan RAM ini. ram mempunyai beberapa jenis diantara nya DDR 2, DDR 3, DDR4 dan yang paling terbaru  yaitu DDR 5.

2. BALANCING
Lihat pada bagian slot ram, jika slot nya ada 2 sebaiknya pasang dengan kapasitas yang sama. slot pertama 2GB dan slot kedua 2GB. jika slot nya cuma satu bisa langsung di pasang 8GB.

3. VERSI WINDOWS
Versi juga harus diperhatikan. jika kapasitas ram yang di pasang melebih maximal dari versi windows yang di pakai maka sisa nya tidak adakan terbaca atau mubazir. anda dapat melihat spesifikasi berikut sebelum mengupgrade :

Nah ketentuan nya sudah di ketahui langkah selanjutnya yaitu praktek :D

Langkah Mengupgrade RAM

  • Periksa  kapasitas RAM yang di gunakan sesuai dengan yang telah di katakan sebelum nya. jika sesuai cari My  Computer >> Klik Kanan >> Pilih Properties. maka akan terlihat jenis processor dan besar RAM  yang di gunakan.
  • matikan laptop anda >> tanggalkan batrai >> buka baut penutup RAM dengan Obeng.
  • Tekan kedua  tuas RAM ke arah atas. 





  • Ambil RAM baru kemudian pasang di slot 1 jika hanya mempunyai 1 slot, tekan hingga berbunyi klik.




  • Pasang Kembali Penutu RAM secara perlahan agar baut tidak lost.
  • hidupkan laptop  anda dan cek melalui properties seperti cara di atas.
  • selesai.

Disqus Comments